Dasar Membuat Website

Untuk mempelajari cara membangun sebuah website ada beberapa hal yang kita perlukan yaitu menyiapkan server untuk menginterpretasikan kode program yang kita buat, menulis beberapa kode program baik dalam bahasa html ataupun php. Untuk melakukannya kita memerlukan beberapa tools sebagai berikut:
1. Web Server
Web server adalah semacam sistem dimana kita melatakkan file program yang kita buat dan nantinya akan diterjemahkan menjadi suatu tampilan yang bisa kita lihat pada webbrowser kesayangan kita (ie, firefox, chrome, etc). Untuk percobaan ini kita akan menggunakan aplikasi XAMPP.

2. Web editor
Ada Banyak sekali web editor yang dapat kita gunakan untuk membuat kode program website ini, mulai dari text editor biasa sampai kepada program yang menggunakan graphical user interface untuk mempermudah mendesain tampilan website - WYSIWYG (what you see is what you get). Namun untuk memperkuat basic pembelajaran kita, kita akan mencoba menggunakan text editor biasa seperti notepad++.

Untuk membuat sebuah website, kita hanya perlu membuat file yang berekstensi *.htm atau *.html atau *.php dan meletakkannya di folder “C:\xampp\htdocs\” untuk memudahkan pengaturannya kita bisa meletakkannya ke subfolder “latihan”. Misalnya kita membuat file dengan nama "index.htm" yang disimpan di "C:\xampp\htdocs\latihan\", maka hasilnya dapat kita lihat dari web browser dengan alamat "localhost/latihan/index.htm" atau "localhost/latihan/".

Kenapa pada contoh alamat kedua tidak menyebutkan file "index.htm"? Karena bila kita tidak menuliskan nama file secara eksplisit di addressbar pada web browser maka web server secara default akan mengarahkan kita ke file dengan nama "index" baik itu dengan ekstensi file htm, html, php, asp, jsp ataupun yang lain.

0 Response to "Dasar Membuat Website"

Post a Comment