Akhirnya Facebook Tendang Flash Juga Demi HTML5

kulitilmu.blogspot.com - Belum lama ini jejaring sosial Facebook atau FB secara resmi telah mengumumkan bahwa pihaknya telah ‘menendang’ Flash dan beralih ke HTML5. FB juga menambahkan bahwa saat ini video yang berada di jejaring sosial terbesar di dunia ini sudah tidak membutuhkan plug in Flash untuk dapat dimainkan.
Sebelumnya telah banyak perusahaan teknologi dan layanan berbasis internet yang menghentikan dukungannya terhadap Flash. Akhir Januari 2015 lalu, YouTube mengumumkan bahwa HTML5 menjadi standar default untuk video dan menggantikan Flash. Beberapa waktu lalu Firefox juga dikabarkan menghentikan dukungannya terhadap Flash, seperti yang dilansir dari Softpedia (19/12/2015).

Lalu apa alasan FB turut serta menghentikan dukungan terhadap video berbasis flash yang selama ini mereka gunakan? menurut salah satu petingginya, Facebook mengambil keputusan ini karena alasan keamanan. Selain itu, HTML5 juga menawarkan beberapa manfaat bagi pengembang maupun kepada end user.

“Tidak hanya meluncurkan pemutar video HTML5 yang membuat pengembangan lebih mudah, tetapi juga meningkatkan pengalaman video untuk orang di Facebook. Video sekarang mulai bermain lebih cepat. Orang-orang dapat Like, komentar, dan berbagi lebih lanjut tentang video setelah dimainkan, dan pengguna telah melaporkan bug yang lebih sedikit,” kata Daniel Baulig dari Facebook.

Kini video streaming berbeasis HTML5 sudah bisa dinikmati pengguna pada laman Facebook News Feed, Pages, dan pemutar video embedded milik FB yang ditampilkan di situs pihak ketiga. Tampaknya memang era Flash sudah berakhir. Sektor keamanan menjadi alasan utama banyaknya pihak yang meninggalkan dukungan Flash.

Baca juga profil wanita muda cantik segudang prestasi :

1 Response to "Akhirnya Facebook Tendang Flash Juga Demi HTML5"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete